Chechnya: Penyanyi Terkenal Rusia Masuk Islam

8 Okt

Seorang penyanyi terkenal Rusia bernama Julian mengumumkan dirinya masuk Islam di masjid yang baru dibuka di kota Godermis, republik Chechnya.

Dalam keterangan persnya, ia menyebutkan, keputusannya tersebut bukan diambilnya secara tergesa-gesa. Ia menambahkan, dirinya sudah mengenal Islam sudah sejak lama. Setelah masuk Islam, ia menegaskan siap untuk komitmen dengan seluruh ajaran dan kewajiban Islam. Ia kemudian mengganti nama Islamnya menjadi Jibril.

Seperti diketahui, negara Rusia terdiri dari lebih dari 90 unit administratif dalam format yang hampir mirip dengan sistem negara federal. Ke 90 unit ini secara teknis tunduk pada pemerintahan pusat dengan ibukota Moscow dan terdiri dari republik-republik, propinsi-propinsi, kawasan-kawasan atau distrik-distrik yang berstatus otonom.

Mayoritas kaum Muslimin di Rusia diam di beberapa republik yang menurut konstitusi Rusia (Persatuan Federasi Rusia) boleh mengupayakan kemerdekaan sendiri bilamana menginginkannya. Masing-masing republik tersebut sudah memiliki presiden, parlemen lokal dan anggaran yang merupakan separuh dari total anggaran pusat.

Kaum Muslimin di Rusia saat ini terkonsentrasi pada dua kawasan; pertama, kawasan Volgo dan Ural di jantung kota Rusia. Tepatnya di enam negara republik, yaitu Tataristan, Bashkiria, Tsuvash, Mordovia, Mary Yil dan Odmort. Di samping itu, juga terkonsentrasi di salah satu unit adminstratif terbesar, propinsi Ornberg. Kedua, kawasan Qokaz Utara yang mencakup 7 republik, yaitu Dagistan, Chechnya, Angosia, Coberdin, Ostia utara (Alania), Cartsayiv Tsircesa dan Adigo.

Selain itu, kawasan yang juga termasuk dalam Qokaz Utara adalah sebagian kawasan selatan yang berada di luar perbatasan Rusia, yaitu 3 buah negara; salah satunya berpenduduk mayoritas Islam, yaitu Adzerbeijan dan 2 buah negara lainnya berpenduduk mayoritas kristen, yaitu Georgia dan Armenia. Namun di Georgia, juga terdapat kawasan yang berpenduduk Muslim mayoritas, yaitu Abkhasia yang dulu pernah berhasil mengalahkan pasukan yang dikirim mantan presiden Georgia, Chevarnatse.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: