23 Jan

Nama-nama Ahlussunnah dan sifat-sifat mereka
1- Ahlussunnah waljama’ah

mereka adalah sekelompok ummat Islam yang senantiasa berada diatas apa-apa yang berjalan diatasnya Nabi  dan para sahabatnya. Mereka adalah orang-orang yang senantiasa berpegang teguh terhadap sunnah Nabi , mereka adalah para sahabat, para taabi’in dan para pemimpin petunjuk yang senantiasa menjadi ikutan (ya’ni para ulama’). Mereka adalah yang senantiasa istikomah diatas jalan mengikuti sunnah dan menjauhkan diri dari melakukan kebid’ahan ditempat manapun dan kapanpun. Mereka senantiasa mendapatkan pertolongan sampai hari kiamat nanti. Mereka dinamakan Ahlussunnah Karena mereka senantiasa menisbatkan dirinya dan setiap beramal terhadap sunnah Nabi , dan bersepakat untuk mengamalkannya baik secara dzohir maupun batin, dalam ucapan, perbuatan dan keyakinan. Mereka tidak terpengaruh dengan derasnya aliran kebid’ahan yang selalu mengepung mereka. Mereka selalu berhati-hati dalam beribadah dan bermu’malah (bermasyarakat), bahwa mereka tidaklah melakukan sesuatu kecuali setelah mereka mengetahui ada perintah atau ajaran dari Rasululloh .

2-Al-Firqoh An-Naajiyah
Yaitu orang-orang yang selamat dari neraka, karena Nabi telah memberikan pengecualian terhadap mereka, ketika menyebutkan beberapa kelompok, beliau berkata: “semua dineraka kecuali satu”. ya’ni mereka tidak akan masuk neraka.
3-At-Thoo’ifah Al-Manshurah
Berdasarkan sebuah hadits dari Mu’awiyah  ia berkata: aku mendengar Rasululloh , bersabda:

” لاَتَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي قَائِمَةً بِأَمْرِ اللهِ لاَ يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ أَوْخَالَفَخُمْ حَتَّي يَأتِيِ أَمْرُ اللهِ وَهُمْ ظَاهِرُونََ عَلَى الناسِ” متفق عليه

“Tidak henti-hentinya ada suatu kelompok dari ummatku, yang senantiasa menegakkan perintah Allah, tidak membahayakan mereka orang-orang yang merendahkan atau menyelisihi mereka, sehingga datang perkara Allah (kiamat) sedang mereka senantiasa menang atas sekalian manusia”. Hr. Muslim
4- Al-Mu’tashimun / Al-Mutamassikun (orang-orang yang berpegang teguh) terhadap kitabullah dan sunnah Rasulullah, dan jalan yang dilalui oleh orang-orang terdahulu lagi pertama dalam Islam dari kaum Muhaajirin dan kaum Anshor, karena itulah Nabi bersabda tentang mereka: “ apa-apa yang aku dan para sahabatku berada diatasnya”. Ya’ni mereka adalah barangsiapa yang berada pada jalan yang aku dan para sahabatku berada diatasnya.
5- Al-Qudwah Al-Hasanah ( ikutan yang baik), yaitu orang-orang yang selalu menunjukkan orang kepada jalan kebenaran dan dengannya mereka selalu mengamalkan, Abu Ayyub As-Sahtiany rahimahulloh: “Sesungguhnya diantara kebahagiaan seorang pemuda dan orang –orang A’jamy(nonarab) adalah ditolong(pertemukan) oleh Alloh terhadap seorang yang alim dari Ahlussunnah”.
Dan Al-Fudhoil bin Iyadh rahimahulloh berkata: “sesungguhnya Alloh memiki beberapa hamba , yang dengan mereka Ia menghidupkan(hati) para hamba dan negri-negri, mereka adalah para pemilik sunnah dan orang-orang yang mengerti terhadap apa-apa yang masuk kedalam perutnya dari perkara halalnya, maka dia adalah golongan Alloh”.
6- Ahlussunnah adalah manusia pilihan ditengah-tengah kehidupan ini, mereka adalah pewaris islam terbaik mereka senantiasa berjuang untuk mencegah dari perkara bid’ah dan dari pelaku-pelaku bid’ah. Abu Bakar bin Iyasy pernah ditanya: Siapakah seorang Ahlussunnh? Beliau menjawab: “yaitu orang yang apabila disebut tentang Ahlul ahwa’ (kelompok penyebar bid’ah dan perpecahan), ia samasekali tidak fanatik terhadap sesuatupun darinya” . I bnu Taymiyah rahimahulloh menyebutkan: “ Bahwasanya Ahlussnunnah, mereka adalah ummat pilihan dan yang pertengahan (tidak berlebihan), yaitu orang-orang yang senantiasa berada diatas jalan yang lurus, yaitu jalan yang benar dan lurus.
7-Ahlussunnah adalah mereka yang terasing disaat rusaknya kebanyakan manusia.
Dari Abu Hurairah  berkata: Rasululloh  bersabda:
“بَدَأَ الإِسْلاَمُ غَرِيْبًا وَسَيَعُوْدُ غَرِيْبًا كَمَا بَدَأَ, فَطُوْبَى لِلْغُرَبَاءِ ” رواه مسلم
“Islam itu dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali terasing seperti semula , maka beruntunglah bagi orang yang terasing”.
Dan pada riwayat Imam Ahmad rahimahulloh dari Abdulloh bin Mas’ud , Ia di tanya: Siapakah orang asing itu. Ia berkata: “Yaitu orang yang terisolir dari suku-suku”. Dalam riwayat lain: dari riwayat Imam Ahmad, dari Abdulloh bin Amr bin Al-Ash rodiyalloohu anhumaa, Rasululloh ditanya: “ Siapakah orang yang terasing itu wahai Rasululloh?. Beliau menjawab: “ Yaitu manusia yang baik-baik, ditengah-tengah manusia yang kebanyakan jelek, barangsiapa mendurhakainya lebih banyak daripada yang mentaatinya”. Dalam riwayat lain : “ Yaitu orang-orang yang senantiasa berbuat baik ditengah-tengah rusaknya (kebenyakan) manusia”. Maka Ahlussunnah itu adalah orang-orang yang terasing diantara komunitas para pelaku kebid’ahan, para pengikut hawa nafsu dan kelompok-kelompok sesat.
8- Ahlussunnah adalah para pengemban ilmu dan menjadikan manusi berduka karena berpisah dengan mereka. Ahlussunnah adalah mereka yang senantiasa membersihkan agama ini dari sikap orang-orang yang berlebihan dan dari ulah para penyebar kebatilan, serta ta’wilan-ta’wilan orang-orang jahil. Karena itu berkatalah Ibnu Sirin rahimahulloh: “ Mereka (para sahabat di masa awal-awal) tiada mempertanyakan tentang sanad (pengasalan suatu hadits), namun setelah terjadinya fitnah, mereka berkata : “ Sebutkan kepada kami para perawi kalian1, maka mereka perhatikan apabila keadaan mereka dari Ahlussunnah, barulah mereka ambil hadistnya. Lalu mereka perhatikan kepada Ahlul bid’ah, maka mereka tidak mengambil haditsnya”. Ahlussunnah adalah orang-orang yang menjadikan orang-orang yang selainnya berduka karena ditinggal mereka. Karenanya Ayyub Assahtiyaany berkata: “ Diberitakan kepadaku akan kematian seseorang dari Ahlussunnah, maka seakan –akan aku kehilangan sebagian anggota tubuhku”. Dan beliau berkata:” Sesungguhnya orang-orang mengharap kematian seorang Ahlussunnah, sebenarnya mereka hanyalah bermaksud untuk mematikan cahaya Allah dengan mulut mereka, padahal Allah pasti menyempurnakan cahayaNya meskipun orang-orang kafir membancinya”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: